KLIPING BERITA (5) : Dipercaya Bawa Hoki, Ikan Kerapu Dipatok Rp 113.000/Kg di Hong Kong

 

Ikan Kerapu

Ikan Kerapu. (Foto: Thinkstock @IttoIlmatar)

 
Hong Kong masih menjadi pasar utama ikan kerapu asal Indonesia. Data terakhir menyebut, ekspor ikan kerapu Indonesia ke Hong Kong mencapai 2,6 juta ton. Tidak hanya volume ekspornya yang cukup besar, harga jual ikan kerapu di Hong Kong juga terbilang tinggi.
Hong Kong mematok harga 8,5 dolar AS/kg atau sekitar Rp 113.050/kg (kurs Rp 13.300).
Peneliti di Pusat Kajian Pembangunan Kelautan dan Peradaban Maritim, Suhana menjelaskan tingginya harga ikan kerapu di Hong Kong disebabkan karena masyarakat Hong Kong percaya ikan kerapu banyak membawa keberuntungan alias hoki. Biasanya ekspor ikan kerapu ke Hong Kong dilakukan dalam keadaan hidup.
“Mereka langsung konsumsi, mereka umumnya impor kerapu hidup, biasanya impor mereka akan meningkat pesat ketika musim Imlek, karena ikan tersebut dianggap membawa keberuntungan,” kata Suhana kepada kumparan, (kumparan.com), Jumat (31/3).
 

Ikan Kerapu

Ikan Kerapu. (Foto: Thinkstock @emreberan)

 
Tidak hanya Hong Kong, China juga mematok harga beli cukup tinggi bagi ikan kerapu asal Indonesia dengan harga 8,09 dolar AS atau sekitar Rp 107.597/kg. Sedangkan di negara lain, harga ikan kerapu standar atau tidak terlalu tinggi.
Misalnya di Singapura harga ikan kerapu hanya 4 dolar AS atau Rp 53.200/kg, di Malaysia 1,24 dolar AS atau Rp 16.492/kg dan di Vietnam 4,22 dolar AS atau Rp 56.126/kg.
“Ikan kerapu ini hanya untuk kebutuhan konsumsi saja,” jelasnya.
Sedangkan dari sisi volume, ikan kerapu asal Indonesia paling banyak diekspor ke Hong Kong dengan volume 2,6 juta ton. Disusul berturut-turut Malaysia 465 ribu ton, 241 ribu ton, Vietnam 49 ribu ton dan China 32 ribu ton.
“Kita ekspornya lebih banyak ke Hong Kong karena kebutuhan yang besar di sana,” ucapnya.

Sumber : https://kumparan.com/wiji-nurhayat/dipercaya-bawa-hoki-hong-kong-patok-harga-ikan-kerapu-rp-113-000-kg

   Send article as PDF   

Anda mungkin juga menyukai:

error: Content is protected !!