GrundvÄg, Geir Sogn et.al (2021). Sumber : https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0308597X21000592?via%3Dihub

Sampai saat ini publik masih berasumsi bahwa harga ikan dipasar tidak ada kaitannya dengan metode penangkapan ikan di laut. Padahal alat penangkapan ikan yang ramah lingkungan sangat berperan penting dalam penentuan harga ikan di pasar. Bagaimana Peran Teknologi Penangkapan Ikan dalam Pembentukan Harga di Pasar?.

Studi terbaru menunjukkan bahwa metode penangkapan ikan lebih penting dalam pembentukan harga ikan (GrundvÄg, Geir Sogn et.al 2021). Hasil studi yang dipublikasikan di Jurnal Ilmiah Marine Policy 127 (2021) ini memberikan wawasan yang mendalam tentang hubungan antara metode penangkapan ikan, kualitas ikan dan harga di tingkat rantai pasokan di luar kapal penangkap ikan.

GrundvĂ„g, Geir Sogn et.al (2021) dalam studi nya mengumpulkan data primer selama periode lima tahun (2014 ‑ 2018) dengan melakukan penilaian kualitas obyektif di lokasi dari 399 tangkapan ikan Cod Atlantik yang didaratkan oleh armada nelayan pantai di Norwegia menggunakan indeks kerusakan tangkapan yang dikembangkan oleh Esaiassen et al. 2013. Selain itu juga data diambil dari database yang disediakan oleh Direktorat Perikanan Norwegia yang berisi rincian tentang tangkapan yang sama seperti harga, ukuran ikan, dan berat hasil tangkapan. Dengan memeriksa pengaruh obyektif kualitas ikan dalam tangkapan individu terhadap harga, dimungkinkan untuk menentukan sejauh mana pembeli telah mengadopsi harga berbasis kualitas di pasar. Dengan cara ini, wawasan tentang fungsi pasar dan perannya dalam memberi insentif kepada nelayan untuk mengirimkan ikan berkualitas tinggi melalui penetapan harga berbasis kualitas yang ditangani.

GrundvĂ„g, Geir Sogn et.al (2021) dalam papernya menjelaskan bahwa pada 2013, Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO) menilai bahwa 89,5% dari semua stok ikan laut sepenuhnya ditangkap (58,1%) atau ditangkap berlebihan (31,4%), dan dengan demikian mendesak negara untuk mengelola perikanan dengan cara yang berkelanjutan secara biologis. Selain itu, FAO mendorong setiap negara untuk memanfaatkan stok ikan untuk berkontribusi pada nilai gizi, sosial dan ekonomi ikan, di mana menjaga kualitasnya sangat penting. Ikan berkualitas tinggi memberi konsumen makanan yang aman dan sehat dengan nilai gizi tinggi, serta pengalaman makan yang menyenangkan, yang secara positif mempengaruhi kepuasan dan kemauan mereka untuk membayar. Hal ini pada gilirannya dapat mengarah pada peningkatan nilai tambah dan keuntungan yang lebih besar bagi berbagai pelaku di sepanjang rantai nilai. Namun, ikan segar sangat mudah busuk dan busuk lebih cepat dari hampir semua makanan lainnya. Oleh karena itu, panen yang tepat dan penanganan pasca panen dan pengawetan selanjutnya sangat penting untuk dilakukan “ penguncian ” atribut kualitas dan gizi ikan, serta mengurangi limbah. Yang penting, penurunan kualitas selama panen tidak akan pernah bisa terjadi lagi di tahap rantai nilai selanjutnya, menyiratkan bahwa nelayan memainkan peran penting dalam pemanfaatan sumber daya laut yang terbatas secara berkelanjutan.

GrundvÄg, Geir Sogn et.al (2021) merujuk pada penelitian sebelumnya yang menunjukkan bahwa harga ikan pasca dari kapal dipengaruhi oleh atribut kualitas seperti ukuran ikan, kesegaran dan nilai kualitas keseluruhan. Perlu dicatat bahwa dalam kasus penjualan langsung, nilai kualitas biasanya dilaporkan sendiri dan mereka dapat digunakan dengan sengaja untuk mempengaruhi harga.

Pemahaman tentang pengaruh kualitas terhadap harga juga telah diberikan oleh sejumlah penelitian yang menemukan bahwa metode penangkapan ikan mempengaruhi harga ikan setelah diturunkan dari kapal penangkap. Misalnya, Sogn‑GrundvĂ„g dkk., menemukan bahwa ikan cod dan haddock yang ditangkap dengan tali rawai memperoleh harga 15% dan 13,3% lebih tinggi daripada ikan yang ditangkap dengan pukat dasar. Karena metode penangkapan ikan mempengaruhi kualitas ikan, tampaknya masuk akal untuk mengasumsikan bahwa metode penangkapan ikan mewakili sinyal kualitas yang berguna bagi pembeli (GrundvĂ„g, Geir Sogn et.al 2021).

Kualitas Ikan

Diketahui bahwa kualitas ikan dipengaruhi oleh cara penangkapan dan penanganannya di atas kapal. Metode penangkapan ikan seperti trawling, gillnets, traps, Danish seine, trolling, long‑line dan handlines semuanya ditemukan mempengaruhi kualitas ikan, tetapi pada tingkat yang bervariasi. Kualitas ikan yang didaratkan juga dapat bervariasi antara kapal penangkap ikan dengan peralatan yang sama, tergantung pada variasi taktik penangkapan seperti lamanya waktu dalam diperairan untuk gillnet dan longline dan praktik penanganan di atas kapal seperti seberapa cepat ikan tersebut keluar darah (GrundvĂ„g, Geir Sogn et.al 2021).

Kualitas ikan mentah mempengaruhi bagian produk bernilai tinggi yang dapat dibuat dari hasil tangkapan. Produk bernilai tinggi yang khas adalah “ berkilau ” cod, fresh loins dan primeira saltfish. Namun, jika hasil tangkapan mengandung ikan berkualitas rendah, bagian produk bernilai tinggi berkurang, sehingga mengurangi nilai campuran produk secara keseluruhan. Bergantung pada harga yang didapat, ini mungkin memiliki pengaruh negatif pada prosesor ‘ biaya, pendapatan dan keuntungan. Jadi, ketika sejumlah besar ikan berkualitas rendah didaratkan, mungkin ada konsekuensi ekonomi dan sosial yang negatif bagi masyarakat lokal, banyak di antaranya sangat bergantung pada perikanan. Otoritas Keamanan Pangan Norwegia memberlakukan peraturan teknis tentang penangkapan dan penanganan ikan di atas kapal. Yang penting, secara eksplisit disebutkan bahwa darah ikan harus dikeringkan. Selanjutnya, ikan yang sudah mati saat dibawa ke kapal harus disimpan secara terpisah. Namun, kepatuhan terhadap peraturan ini rendah selama musim puncak. Mengenai penangkapan ikan yang berkelanjutan, ikan cod telah disertifikasi oleh Marine Stewardship Council sejak saat itu 2010 (GrundvĂ„g, Geir Sogn et.al 2021).

Bagaimana dengan di Indonesia ?

Nelayan Kecil dengan alat tangkap pancing ulur di pesisir pantai Provinsi Lampung. Photo : Suhana

Belajar dari temuan GrundvÄg, Geir Sogn et.al (2021), sangat penting bagi para nelayan dan industri penangkapan ikan nasional untuk betul-betul memperhatikan alat penangkapan ikan yang dipakai diperairan Indonesia. Alat tangkap yang dipakai jangan hanya fokus pada bagaimana meningkatkan produksi, akan tetapi juga bagaimana menjaga harga ikan hasil produksi dengan baik dipasaran.

Pemerintah—dalam hal ini Kementerian Kelautan dan Perikanan—perlu terus mendorong agar para nelayan dan industri penangkapan ikan nasional untuk dapat menggunakan alat tangkap ramah lingkungan. Sudah saat nya para pelaku perikanan tangkap untuk merubah paradigma dari pendekatan volume sebesar-besarnya dalam produksi ikan menjadi pendekatan kualitas ikan hasil tangkapan yang baik.

Selain mendorong dan mengatur alat tangkap ramah lingkungan, pemerintah juga perlu secara konsisten dalam mengedukasi para nelayan terkait cara penanganan ikan yang baik diatas kapal. Pemerintah perlu konsisten mengawal implementasi Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 7 Tahun 2019  tentang Persyaratan dan Tata Cara Penerbitan sertifikat Cara Penanganan Ikan Yang Baik.

PermenKP tersebut didasari dengan pertimbangan untuk melaksanakan ketentuan Pasal 14 ayat (5) Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2015 tentang Sistem Jaminan Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan serta Peningkatan Nilai Tambah Produk Hasil Perikanan dan Pasal 88 Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik, perlu menetapkan Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan tentang Persyaratan dan Tata Cara Penerbitan Sertifikat Cara Penanganan Ikan yang Baik.

Sertifikat Cara Penanganan Ikan yang Baik adalah sertifikat yang diberikan kepada kapal penangkap ikan dan/atau kapal pengangkut ikan yang menyatakan bahwa kapal tersebut telah memenuhi persyaratan Pengendalian Mutu pada kegiatan Penangkapan Ikan. Dengan adanya upaya sertifikasi tersebut diharapkan mutu ikan hasil tangkapan nelayan dapat terjamin mulai dari awal menangkap sampai ke pasar, baik di dalam maupun diluar negeri.

Mutu Ikan dan Kinerja Ekspor

Dalam wawancara dengan reporter Katadata.co.id, Suhana (2021) menyatakan bahwa ada tiga hal yang dapat pemerintah lakukan untuk menjaga sektor perikanan, khususnya dalam meningkatkan ekspor. Pertama, membina nelayan dan pembudidayaan ikan. Tujuannya agar menjaga mutu hasil tangkapan, sehingga ikan yang dihasilkan oleh nelayan lokal memiliki harga tinggi. Nantinya, diharapkan ke depan bisa meningkatkan daya serap produk ikan di pasar internasional. Perlu diingat, mutu produk perikanan bergantung pada penanganan diatas kapal dan ditambak milik para pembudidaya ikan.

Kedua, menyambungkan jaminan mutu produk perikanan dari hulu ke hilir. Perikanan tangkap dan perikanan budidaya memiliki tanggung jawab dalam menjaga mutu. Hasil audit internasional terhadap produk perikanan Indonesia menujukkan jaminan mutu hulu hilir produk perikanan masih belum 100%. Belum teritegrasinya jaminan mutu menjadi alasan mengapa sampai saat ini Uni Eropa belum memberikan keleluasaan untuk Indonesia dalam menambahkan izin ekspor.

Ketiga, perlu dibentuk peraturan menteri yang dapat mengintegrasikan penanganan mutu produk perikanan hulu hilir. Dengan adanya aturan tersebut, diharapkan dapat meningkatkan daya serap produk perikanan di pasar ekspor.

Referensi

GrundvÄg, Geir Sogn et.al (2021). Fish quality and market performance: The case of the coastal fishery for Atlantic cod in Norway. Marine Policy 127 (2021) 104449. https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0308597X21000592?via%3Dihub

   Send article as PDF   

Anda mungkin juga menyukai:

error: Content is protected !!