Neraca Perdagangan Ikan Hias 2018 : Indonesia Terbesar di Dunia

Ranking Neraca Perdagangan Ikan Hias 10 Negara Terbesar Dunia (Sumber : www.trademap.org, diakses 26/01/2020, Diolah Suhana)

Oleh : Suhana

Pada tulisan sebelumnya penulis sudah membahas terkait perkembangan ekspor ikan hias tahun 2018 (Baca : http://suhana.web.id/2019/09/16/ekonomi-ikan-hias-2018-kontribusi-ikan-hias-terus-meningkat/ . Dalam tulisan tersebut terlihat bahwa nilai ekspr ikan hias Indonesia dalam periode 2012-2018 terus mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut tidak terlepas dari upaya pemerintah sejak akhir 2014 yang terus mengkampanyekan Visi Indonesia sebagai pengekspor ikan hias terbesar di dunia. Perlahan tapi pasti harapan pemerintah tersebut semakin menunjukkan hasil.

Terus meningkatnya nilai ekspor ikan hias tersebut, pada tahun 2018 Indonesia tercatat sebagai negara dengan neraca perdagangan ikan hias terbesar di dunia, walaupun Indonesia belum menjadi eksportir terbesar dunia. Tahun 2018 Indonesia tercatat sebagai negara keempat terbesar eksportir ikan hias dunia setelah Japan, Singapore, dan Spain. Tahun 2018 neraca perdagangan ikan hias Indonesia tercatat sebesar USD 30.384 Ribu.

Neraca Perdagangan Ikan Hias 10 Negara Terbesar Dunia (Ribu USD) (Sumber : www.trademap.org, diakses 26/01/2020, Diolah Suhana)

Berdasarkan data International Trade Centre (2020) terlihat bahwa membaiknya kinerja neraca perdagangan ikan hias Indonesia selain disebabkan terus membaiknya kinerja ekspor ikan hias nasional, juga didorong oleh terus menurunnya kinerja ekspor ikan hias negara lainnya, khususnya Singapore dan Spain. Dalam periode 2010-2018 nilai ekspor ikan hias Indonesia rata-rata tumbuh sebesar 7 % pertahun, sementara nilai ekspor Singapore dalam periode yang sama rata-rata turun sebesar 4,61 %. Nilai ekspor ikan Hias Spain dalam periode yang sama rata-rata tumbuh 3,26 %.

Nilai Ekspor Ikan Hias Dunia Menurut 10 Negara Utama (Sumber : www.trademap.org, diakses 26/01/2020, Diolah Suhana)

Hal ini menunjukkan bahwa sinergi kebijakan antara pemerintah dengan para pelaku usaha  dan pembudidaya ikan hias nasional semakin membaik. Oleh sebab itu kedepan sinergi tersebut perlu terus diperkuat dan dijalankan secara konsisten. Selain itu juga kepedulian pemerintah, para pelaku usaha dan pembudidaya ikan hias dalam menjaga keberlanjutan ikan hias di Indonesia perlu terus ditingkatkan.

***

   Send article as PDF   

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *