Melihat Kinerja Perdagangan Ikan Amerika Serikat

Please follow and like us:
10

Oleh : Suhana

Perang tarrif dagang antara Amerika dan China cukup menjadi perhatian masyarakat dunia disela-sela semaraknya piala dunia 2018. Komoditas pertanian secara umum, termasuk perikanan merupakan salah satu yang menjadi perhatian utama Indonesia, mengingat saat ini pihak USA sedang mengkaji kembali kebijakan tarrif bea masuk bagi komoditas perikanan. 
 
10 Importir Terbesar Dunia : USA No 1 
Berdasarkan data International Trade Centre (2018) terlihat bahwa USA dalam periode 2008-2017 merupakan negara importir no 1 dunia. Sembilan negara lainnya adalah Japan, China, Spain, France, Italy, Viet Nam, Germany, Korea dan Sweden. Pada tahun 2017 nilai impor komoditas perikanan USA mencapai 22,46 Milyar USD atau sekitar 15,68 % dari total nilai impor perikanan dunia. Secara grafis perkembangan nilai impor ikan 10 negara importir terbesar dunia dapat dilihat pada Gambar 1.
Gambar 1. Perkembangan Nilai Impor Ikan 10 Negara Importir Terbesar Dunia
Sementara itu juga berdasarkan data International Trade Centre (2018) terlihat bahwa pertumbuhan impor komoditas ikan USA dalam dua tahun terakhir mengalami peningkatan. Pada tahun 2017 pertumbuhan impor komoditas ikan USA mencapai 9,24 %. Secara grafis perkembangan share nilai impor dan pertumbuhan nilai impor ikan 10 negara importir terbesar dunia dapat dilihat pada Gambar 2.
Gambar 2. Perkembangan share nilai impor dan pertumbuhan nilai impor ikan 10 negara importir terbesar dunia
10 Negara Terbesar Pemasok Ikan ke USA : Indonesia No 5
Berdasarkan data International Trade Centre (2018) terlihat bahwa 10 negara terbesar pemasok ikan ke USA adalah Canada, China, India, Chile, Indonesia, Thailand, Viet Nam, Norway, Ecuador dan Mexico. Pada tahun 2017 share impor USA dari Canada mencapai 14,53 % dari total nilai impor komoditas perikanan USA. Sementara itu share nilai impor dari China, India, Chile, Indonesia, Thailand, Viet Nam, Norway, Ecuador dan Mexico adalah 12,90 %, 10,49 %, 8,98 %, 8,44%, 6,55%, 6,42%, 3,78%, 3,68% dan 2,93%. Secara grafis perkembangan share nilai impor USA menurut negara asal ikan dapat dilihat pada Gambar 3.
Gambar 3. Perkembangan share nilai impor USA menurut negara asal ikan
Berdasarkan Gambar 3 terlihat bahwa sejak akhir tahun 2014 Indonesia telah mampu menggeser Thailand yang sebelumnya posisinya berada diatas Indonesia sebagai pemasok ikan ke USA. Artinya daya saing komoditas perikanan Indonesia di pasar USA semakin membaik. Secara detail perkembangan perdagangan ikan antara Indonesia dan USA sudah penulis bahas pada tulisan sebelumnya (Silahkan baca di : http://suhana.web.id/2018/03/03/perdagangan-komoditas-ikan-indonesia-amerika-serikat/).
 
Berdasarkan uraian singkat tersebut penulis melihat bahwa saat ini USA sudah merupakan negara net importir ikan terbesar dunia. Dan Indonesia merupakan negara ke 5 terbesar pemasok ikan ke USA. Artinya apabila langkah Presiden Trump untuk meningkatkan tarrif bea masuk ikan ke USA terwujud maka dalam jangka pendek akan menimbulkan “gejolak” kenaikan harga ikan di pasar USA. ***
www.pdf24.org    Send article as PDF   

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *