Kapal Maling Ikan Disita, Tak akan Berikan Efek Jera

Please follow and like us:
5

Danang Sugianto – detikFinance. Rabu 10 Jan 2018, 15:30 WIB

Jakarta – Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, dan Menteri Koordinator (Menko) Kemaritiman, Luhut Panjaitan, jadi bahan perbincangan hangat. Pasalnya, Luhut meminta Susi menghentikan penenggelaman kapal maling ikan yang berlangsung selama ini.

Seperti diketahui bersama, Susi gencar memberantas maling-maling ikan di laut Indonesia selama 3 tahun terakhir. Agar ada efek jera, kapal-kapal maling ikan itu ditenggelamkan.

Cuma, menurut Luhut, masih ada cara lain yang bisa dilakukan, yaitu menyita kapal-kapal itu dan menyerahkan kepada nelayan lewat koperasi.

Pengamat perikanan dari Institut Pertanian Bogor (IPB), Suhana, dalam Undang Undang Nomor 45 tahun 2009 memang ada alternatif lain dalam penegakkan hukum terhadap kapal-kapal maling ikan, yaitu dilelang atau dihibahkan. 

Tapi, menurut Suhana, kebijakan itu tidak efektif dalam memberantas pencurian ikan.

“Ada cara lainnya seperti dihibahkan ke perguruan tinggi atau kelompok nelayan. Tapi cara tersebut selama ini tidak efektif dalam memberikan efek jera terhadap para pencuri ikan, yang efektif ya dengan dimusnahkan atau ditenggelamkan,” tutur Suhana kepada detikFinance, Rabu (10/1/2017).

Suhana mengatakan, cara selain penenggelaman kapal juga pernah dilakukan Susi. Contohnya penghibahan 4 kapal eks asing d Natuna. Namun kapal tidak dimanfaatkan lantaran biaya perawatan yang mahal.

“Waktu 2012 juga ada sekitar 5 perguruan tinggi dapat hibah kapal eks asing termasuk IPB. Tapi sampai sekarang kapal itu masih nongkrong di Pontianak, karena perguruan tinggi tidak punya biaya perawatannya,” imbuhnya.

Sementara jika dilelang dikhawatirkan peserta lelangnya masih rekanan dari perusahaan perikanan asing yang kapalnya di situ.
Oleh karena itu, menurut Suhana, penenggelaman merupakan langkah yang saat ini masih paling tepat untuk memberantas pencurian ikan di Indonesia.

“Saya melihat positifnya sangat besar. Bahkan kalau lihat negara lain sekarang impor ikan mereka tinggi sekali. Thailand misalnya mereka drop sekali,” tandasnya. (hns/hns)

Sumber : https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/3808221/kapal-maling-ikan-disita-tak-akan-berikan-efek-jera

PDF24    Send article as PDF   

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *