Harusnya Pengusaha Tak Khawatir Susi Tenggelamkan Kapal Maling Ikan

Please follow and like us:
3

Danang Sugianto – detikFinance. Rabu 10 Jan 2018, 16:28 WIB

Jakarta – Menteri Koordinator Kemaritiman, Luhut Panjaitan, meminta Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, tak lagi menenggelamkan kapal maling ikan. Menurut Luhut, ada cara lain yang bisa dilakukan ketimbang tenggelamkan kapal, misalnya disita menjadi aset negara atau diserahkan ke nelayan melalui koperasi.

Kebijakan Luhut ini didukung para pengusaha. Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Kelautan dan Perikanan, Yugi Prayanto, mengatakan memang sudah saatnya Susi untuk berhenti menenggelamkan kapal. Dirinya mengusulkan agar kapal-kapal pencuri tersebut lebih baik dihibahkan kepada nelayan yang membutuhkan.

“Menurut kami sesuai dengan masukan Pak Luhut, diberikan saja (kapal) kalau sudah inkracht secara hukum kepada nelayan-nelayan yang membutuhkan,” katanya kepada detikFinance, Jakarta, Selasa (9/1/2018).

Tapi, pengamat Perikanan dari Institut Pertanian Bogor (IPB), Suhana, menilai kebijakan penenggelaman kapal maling ikan justru berdampak positif bagi industri perikanan nasional. Dengan berkurangnya aksi pencurian ikan maka stok ikan di laut Indonesia kembali berlimpah.

“Yang ditenggelamkan kan kapal asing, bukan kapal dalam negeri. Mereka mengelabui kita,” tuturnya saat dihubungi detikFinance, Rabu (10/1/2018).

Suhana mengatakan kebijakan penenggelaman kapal maling ikan sebenarnya menjadi sentimen positif bagi pengusaha ikan nasional dan tidak perlu khawatir. Sebab membuka peluang lebih besar untuk berkuasa di negeri sendiri.

“Pengusaha nasional tidak perlu khawatir, kalau khawatir berarti dia selama ini bermain dengan asing. Logikanya, harusnya pengusaha nasional semangat menguasai, karena kapal asing tidak ada,” tegasnya.

Dia pun mendukung Susi untuk tetap menjalankan kebijakannya itu. Sebab kebijakan penenggelaman kapal sebenarnya tertuang dalam Undang-Undang Nomor 45 tahun 2009.

“Menurut saya Bu Susi harus tetap konsisten jalankan UU itu. Kalau menuruti sama saja mengingkari UU perikanan,” tandasnya. (hns/hns)

Sumber : https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-3808370/harusnya-pengusaha-tak-khawatir-susi-tenggelamkan-kapal-maling-ikan

www.pdf24.org    Send article as PDF   

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *