Nilai Tukar Sektor Perikanan September 2017. Usaha Perikanan Kian Membaik

Please follow and like us:
10
 
Nilai Tukar Sektor Perikanan September 2017

Nilai Tukar Usaha Nelayan (NTUN) dan Nilai Tukar Usaha Perikanan (NTUP) bulan September 2017 mengalami peningkatan tertinggi dibandingkan nilai tukar sektor perikanan lainnya. Data BPS (2017) menunjukkan bahwa NTUN dan NTUP Meningkat 3,43 % dan 2,42 % dibandingkan bulan yang sama tahun 2016. Hal ini menunjukkan kian membaiknya usaha perikanan masyarakat perikanan Indonesia.

***
Nilai tukar sektor perikanan terdiri dari 6 nilai, yaitu Nilai Tukar Nelayan (NTN), Nilai Tukar Pembudiaya Ikan (NTPi), Nilai Tukar Perikanan (NTP), Nilai Tukar Usaha Nelayan (NTUN), Nilai Tukar Usaha Pembudidaya Ikan (NTUPi), dan Nilai Tukar Usaha Perikanan (NTUP). Setiap bulannya BPS secara resmi merelease keenam nilai tersebut bersamaa dengan nilai tukar di sektor pertanian lainnya.
 
Merujuk pada hasil pertemuan antara Badan Pusat Statistik RI dengan Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya pada awal tahun 2017 diketahui bahwa bahwa rumah tangga perikanan yang dijadikan responden dalam menyusun nilai tukar pembudidaya ikan hanya rumah tangga yang terlibat dalam pembesaran ikan air tawar, payau dan laut. Sementara untuk rumahtangga pembenihan ikan, rumah tangga pembudidaya ikan hias dan rumahtangga pembesaran udang semi intensif dan intensif belum dimasukan sebagai responden. Artinya tafsir NTPi yang ada saat ini belum mencerminkan dari total rumahtangga pembudidaya ikan, akan tetapi baru mencerminkan Nilai Tukar Rumahtangga Pembesaran Ikan diluar budidaya udang semi intensi dan intensi.
 
Keenam nilai tukar sektor perikanan tersebut merupakan salah satu indikator dari banyak indikator yang dapat menggambarkan kondisi daya beli masyarakat nelayan dan pembudidaya ikan dan kondisi usaha di sektor perikanan. Berdasarkan data BPS (2017) menunjukkan bahwa NTN bulan September 2017 meningkat sebesar 2,21 % dibandingkan bulan yang sama tahun 2016. Artinya daya beli masyarakat nelayan bulan september 2017 lebih baik dibandingkan September tahun 2016. NTPi bulan September 2017 meningkat sebesar 0,19 % dibandingkan bulan yang sama tahun 2016. Artinya daya beli masyarakat pembudidaya ikan bulan september 2017 sedikit lebih baik dibandingkan September tahun 2016. NTP bulan September 2017 meningkat sebesar 1,5 % dibandingkan bulan yang sama tahun 2016. Artinya daya beli masyarakat perikanan (Nelayan dan Pembudidaya Ikan) bulan september 2017 sedikit lebih baik dibandingkan September tahun 2016. 
 
Nilai Tukar Usaha Rumahtangga Perikanan merupakan perbandingan antara Indeks Harga yang Diterima Nelayan dan Pembudidaya Ikan (It) dengan Indeks Harga yang dibayar oleh Nelayan dan Pembudidaya Ikan (Ib) , dimana komponen Ib meliputi Biaya Produksi dan Penambahan Barang Modal (BPPBM). Berdasarkan data BPS (2017) terlihat bahwa NTUN bulan September 2017 meningkat sebesar 3,43 % dibandingkan bulan yang sama tahun 2016. NTUPi bulan September 2017 meningkat sebesar 1,63 % dibandingkan bulan yang sama tahun 2016. NTUP bulan September 2017 meningkat sebesar 2,42 % dibandingkan bulan yang sama tahun 2016.
 
Berdasarkan data BPS tersebut terlihat bahwa keenam nilai tukar sektor perikanan pada bulan September 2017 mengalami peningkatan dibandingkan dengan bulan yang sama tahun 2016. Perbaikan nilai tukar sektor perikanan tersebut diharapkan dapat terus memicu perbaikan kinerja usaha dan ekonomi di sektor perikanan nasional. Semoga
www.pdf24.org    Send article as PDF   

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *