Daya Saing Komoditas Ikan Hias 2016

Please follow and like us:
5

Komoditas ikan hias merupakan salah satu komoditas utama ikan hidup Indonesia yang memiliki daya saing kuat di pasar internasional. Dalam periode 2010-2016 nilai ekspor ikan hias rata-rata mencapai 21.434 Ribu US $ pertahun dengan pertumbuhan sekitar 13,82 % per tahun.

Daya saing perdagangan komoditas ikan hias Indonesia tahun 2016 menguat dibandingkan dalam 6 tahun terakhir. Hal ini ditunjukan dengan nilaiRevealed Comparative Advantage (RCA) lebih besar dari 1, yaitu 2,73. Peningkatan nilai RCA tersebut sejalan dengan meningkatnya nilai ekspor ikan hias tahun 2016 yang mencapai 24.642 Ribu US$.

Secara teori RCA merupakan rasio antara pangsa pasar dari sebuah produk suatu negara dalam pasar dunia, dengan pangsa pasar ekspor dari suatu negara terhadap total ekspor dunia. Apabila negara tersebut memiliki RCA lebih besar dari satu (di atas rata-rata dunia) untuk komoditas ikan hias berarti komoditas tersebut mempunyai daya saing kuat. Sebaliknya jika nilai RCA lebih kecil dari satu berarti keunggulan komparatif untuk komoditas ikan hias rendah (di bawah rata-rata dunia) atau berdaya saing lemah Nilai RCA komoditas ikan hias Indonesia dalam periode 2010-2016 rata-rata 2,36. Artinya komoditas ikan hias indonesia memiliki daya saing kuat. Sementara itu pangsa pasar komoditas ikan hias dalam periode yang sama rata-rata mencapai 0,81 %

PDF24    Send article as PDF   

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *