10 Negara Net Eksportir dan Net Importir Ikan Dunia 2015

Please follow and like us:
3

Bogor (19/02/2017). Mengetahui negara-negara mana saja yang termasuk negara net eksportir dan net importir merupakan salah satu cara yang dapat dijadikan rujukan dalam mengembangkan pasar ikan dan produk perikanan Indonesia di pasar internasional. Negara yang tergolong Net Eksportir adalah negara-negara yang memiliki neraca perdagangan ikan yang positif. Sementara negara yang tergolong Net Importir adalah negara yang memiliki neraca perdagangan ikan yang negatif.  

Berdasarkan hasil analisis terhadap data Internasional Trade Center 2017 terlihat bahwa pada tahun 2015 tercatat 10 negara yang menduduki ranking tertinggi sebagai net eksportir adalah Norway, China, India, Chile, Viet Nam, Ecuador, Indonesia, Canada, Iceland dan Rusia. Sementara 10 negara yang menduduki ranking tertinggi sebagai net importir, adalah USA, Japan, Italy, France, Spain, Germany, Hong Kong, Korea, Brazil dan Portugal (Lihat Gambar 1).

Gambar 1. Ranking 10 Negara Net Eksportir dan Net Importir Tahun 2015

Berdasarkan gambar 1 diatas terlihat bahwa negara yang merupakan negara importir ikan terbesar dunia tahun 2015 adalah USA. Pada tahun 2015 neraca perdagangan ikan USA mencapai – 10,42 Milyar $ US. Berdasarkan hal tersebut, rencana Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk meningkatkan nilai ekspor ikan Indonesia ke USA merupakan keputusan yang sangat tepat. Oleh sebab itu kerjasama antara para pelaku usaha perikanan dengan pemerintah mutlak diperlukan dalam meningkatkan serapan pasar di wilayah USA. Semoga hal ini dapat segera terimplementasikan dengan baik dilapangan. ***(SHN)

www.pdf24.org    Send article as PDF   

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *